Simpanan Khusus Berjangka

Simpanan Khusus Berjangka

Simpanan Khusus Berjangka (SISUSKA) adalah  simpanan pada koperasi yang penyetorannya dilakukan sekali dan penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu menurut perjanjian antara penyimpan dengan koperasi yang bersangkutan.

Syarat dan Ketentuan Simpanan Khusus Berjangka

Adapun syarat dan ketentuan dari Simpanan Khusus Berjangka di Koperasi Kredit Rukun menurut Surat Keputusan Nomor : 6/KKR-SK.PENG/III/2023 yang berlaku sebagai berikut :

  1. Jumlah nominal yang dapat ditempatkan sebagai SISUSKA mulai dari Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah) dan kelipatannya maksimal Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah) untuk satu lembar bilyet/sertifikat.
  2. Biaya administrasi penempatan :
    • Sampai dengan Rp8.000.000,00 (delapan juta rupiah) Rp10.000,00
    • Rp8.000.000,00 (delapan juta rupiah) ke atas tarif 0,35 dari bunga SISUSKA satu bulan yang berlaku saat
    • Penggabungan beberapa bilyet menjadi satu bilyet dikenakan biaya sebesar Rp25.000,00
  3. Pinalti Penutupan sebelum jatuh tempo sebesar 1% dari Pokok tanpa biaya administrasi penutupan.
  4. Suku bunga SISUSKA per tahun ditetapkan sebagai berikut :
    • Jangka waktu 12 bulan = 5,5 % per tahun
    • Jangka waktu 6 bulan =    4,5 % per tahun
    • Jangka waktu 3 bulan =    3,5 % per tahun
  5. Untuk menjaga kestabilan modal sendiri maka berlaku ratio antara Simpanan Khusus Berjangka (SISUSKA) terhadap simpanan saham (simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan wajib pinjam) yakni 100:7. Apabila anggota memiliki saldo simpanan saham Rp7.000.000,00 (tujuh juta rupiah) anggota tersebut dapat menempatkan SISUSKA sebesar
    000.000,00 (seratus juta rupiah) dan seterusnya.
  6. Penempatan SISUSKA dibatasi maksimal Rp 300.00.000,00 (tiga ratus juta rupiah) per anggota, bagi anggota yang saat ini telah melampaui jumlah tersebut dan apabila telah jatuh tempo maka otomatis dicairkan dan masuk ke tabungan simpanan wajib pinjam dan/atau simpanan bunga harian (SIBUHAR) anggota yang bersangkutan.
  7. Apabila ada perubahan nama, alamat, tandatangan dan lainnya yang menyimpang dari keterangan yang pernah diberikan sebelumnya harus segera diberitahukan secara tertulis kepada koperasi.
  8. Apabila bilyet/sertifikat SISUSKA hilang atau dicuri harus segera melaporkan ke koperasi dengan melampirkan surat kehilangan dari pihak yang berwajib.
  9. Bunga SISUSKA dibayarkan sesuai tanggal penempatan SISUSKA dengan cara ditambahbukukan ke tabungan simpanan wajib pinjam (SS) anggota yang bersangkutan.
  10. SISUSKA tidak dapat dipindahtangankan. Pencairan SISUSKA dan bunganya hanya dapat dilakukan oleh anggota sendiri atau berdasarkan surat kuasa yang sah menurut hukum dan bermaterai cukup. Apabila anggota meninggal dunia maka jumlah yang tertera dalam sertifikat SISUSKA akan dibayarkan kepada ahli waris yang sah.
  11. SISUSKA dapat diperpanjang secara otomatis sesuai permintaan Anggota dengan tingkat suku bunga yang berlaku saat perpanjangan.
  12. Pencairan SISUSKA wajib diberitahukan kepada koperasi selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja sebelum  tanggal jatuh
  13. Bunga SISUSKA tidak akan diperhitungkan jika penutupan bilyet sebelum tanggal jatuh tempo.
  14. Selain ketentuan-ketentuan tersebut di atas, Anggota menyatakan tunduk pada ketentuan yang berlaku pada koperasi kredit rukun baik yang sekarang ada maupun yang akan ada di kemudian hari.
  15. Keputusan ini berlaku mulai tanggal 01 April 2023.
Bagikan

Simpanan Saham

potong gaji

Simpanan Saham

potong gaji

Simpanan Non-saham

potong gaji

Simpanan Non-saham

potong gaji

Simpanan Non-saham

potong gaji

Simpanan Non-saham

potong gaji
Hubungi kami di 07115564275
Kirim email ke kami ksprukun@gmail.com